Sistem Informasi Eksekutif (Executive Information System)

Posted on Updated on

Sistem merupakan sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. Melalui definisi ini sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan proses, cara-cara, aturan-aturan dan prosedur-prosedur yang saling berhubungan dan dilakukan untuk suatu tujuan atau sasaran tertentu. (McLeod & Schell, 2004:9)

Informasi adalah data yang telah diklasifikasi atau diolah atau diinterpretasi untuk digunakan dalam proses pengambilan keputusan. (Sutabri, 2005:23)

Eksekutif merupakan manajer tingkat atas yang berpengaruh kuat pada kegiatan dan arah organisasi.Eksekutif diyakini menekankan fungsi perencanaan, juga peran disturbance handler dan entrepreneur.

Sistem informasi eksekutif (executive information sistem), atau EIS, merupakan suatu sistem yang menyediakan informasi bagi eksekutif mengenai kinerja keseluruhan perusahaan.Informasi dapat diambil dengan mudah dan dalam berbagai tingkat rincian.

Executive Information Sistem (EIS) merupakan suatu kombinasi antara  Management Information Sistem (MIS) dengan Decision Support Sistem (DSS)dan AI untuk membantu pihak eksekutif dalam mengidentifikasikan dasar suatu masalah dan mencari jalan keluarnya. EIS juga menyediakan  informasi  bagi eksekutif mengenai kinerja perusahaan dari berbagai sudut pandang.  Juga memberikan suatu gambaran yang fleksibel dan mudah dimengerti oleh pihak eksekutif dalam melihat sumber masalah dan jalan keluarnya.EIS ini memberikan suatu kemudahan bagi pihak eksekutif untuk menyediakan akses yang cepat ke informasi-informasi yang terjadi saat itu dan akses langsung pada laporan-laporan manajemen.EIS ini sangat mudah digunakan, dilengkapi dengan tampilan grafik.

Ada beberapa alasan mengapa EIS yang dibutuhkan untuk mengatasi berbagai macam kebutuhan akan  informasi yang up to date.

a.  Eksternal

–  meningkatan kompetisi

–  Lingkungan yang dengan cepat berubah

–  Keharusan untuk selalu proaktif

–  Kebutuhan untuk mengakses external database

b.  Internal

–  Kebutuhan akan informasi yang up to date

–  Kebutuhan akan komunikasi

–  Kebutuhan akan informasi yang lebih akurat

–  Kebutuhan untuk meningkatkan keefektifan

Tujuan dari  Executive Information Sistem adalah menghasilkan target informasi yang selalu  up to date untuk meningkatkan  performance dari suatu perusahaan dengan memberikan perhatian khusus pada tujuan akhir dan prioritasdari perusahaan tersebut.

 

Download Versi Pdf : Sistem Informasi Eksekutif

6 thoughts on “Sistem Informasi Eksekutif (Executive Information System)

    alem said:
    November 20, 2010 at 23:18

    mohon pertolongan saudari..
    aku ingin tahu apakah perbezaan antara DSS dengan EIS..

Terima Kasih Sudah berkunjung ke Blog saya. Dan Jangan Lupa Isi Komentar di Bawah ini.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s