Otak Manusia, Komputer Tercanggih Ciptaan Tuhan

Posted on Updated on

Otak manusia tidak pernah bisa  ditandingi oleh computer manapun yang dibuat manusia secanggih apapun. Langkah kerja computer sangat ditentukan oleh hardware dan software yang dibuat manusia., sedangkan cara kerja otak manusia ditentukan oleh otak itu sendiri.
Otak orang dewasa memiliki berat rata-rata sekitar 1,5 kilogram atau 2% dari berat tubah manusia, dengan bentuk lembek seperti alpukat matang. Kalau dilihat dari fungsinya, otak manusia bagaikan hutan rimba yang sangat luas yang bagian dalamnya belum banyak dijelajahi dan diketahui ilmunya. Manusia baru hanya mengenal bagian tepiannya saja yang sangat sedikit (Husen, 2008: 145).
Otak terdiri atas otak kiri dan otak kanan. Kedua otak ii berbeda dari segi ukuran, bentuk, dan fungsinya. Otak kiri mengatur bagian kanan tubuh, sedangkan otak kanan mengatur bagian kiri tubuh. Kedua bagian otak tersebut dapat bekerja sama karena dijembatani oleh sekitar 50 juta sel otak yang membentuk satu berkas yang disebut korpus kolasum.
Otak manusia terdiri atas sel-sel fungsional yang disebut neuron dan sel-sel pendukung yang disebut neuroglia. Ada sekitar 100 milyar neuron dan 5 triliun neuroglia dalam otak manusia dewasa. Otak manusia mampu memahami perbuatan komputasi (feat of computation) dan pemrosesan informasi (information processing). Namun, potensi kekuatan otak hanya digunakan manusia kurang dari 4-10 persen saja.
Otak mengatur semua kegiatan tubuh manusia. Tanpa otak, semua indra manusia tidak bisa berfungsi. Dalam melakukan fungsinya, sel-sel neuron otak saling berkomunikasi antarsel otak dengan menggunakan arus listrik yang memiliki kecepatan mencapai 360 kilometer per jam. Dalam membangun komunikasi antarneuron, akan dihasilkan neurotransmitter,yaitu zat kimia yang ditembakkan oleh sel neuron dengan kecepatan 1/2500 detik guna merangsang tibulnya arus listrik yang akan menghubungkan celah pemisah antarneuron untuk dihantarkan ke neuron atau sel lain.
Ada lima penjaga utama otak manusia, yaitu SCALP, S (Skin termasuk rambut kepala), C (subCutan tissue, lapisan bawah kulit yang mengandung pembuluh darah), A (musculo Aponeurotica, otot-otot di kepala), L (subaponeurotic Layer, mengandung sedikit pembuluh darah) , dan P (Pericarnium, tulang-tulang kepala). Setelah SCALP masih ada “kertas”pembungkus otak (meningen): keras (durameter) dan lembut (piameter) (paisak, 2002: 64).

Tulisan ini belum selesai…….

One thought on “Otak Manusia, Komputer Tercanggih Ciptaan Tuhan

    digital camera memory card said:
    June 22, 2010 at 17:09

    bener banget…

    jumlah sel otaknya aja mencapai 5 millyar sel otak…

    gk kan ada yang mampu menandingi ciptaan Allah…

Terima Kasih Sudah berkunjung ke Blog saya. Dan Jangan Lupa Isi Komentar di Bawah ini.

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s