Aspek-aspek Keamanan Komputer

Posted on Updated on

Aspek Keamanan Komputer meliputi delapan aspek diantaranya:
1. Authentication: agar penerima informasi dapat memastikan keaslian pesan tersebut dating dari orang yang diminta informasi. Dengan kata lain informasi benar-benar dating dari orang yang dikendaki.
2. Integrity: keaslian dipesan yang dikirim melalui sebuah jaringan dan dapat dipastikan bahwa informasi yang dikirim tidak dimodifikasi oleh orang yang tidak berhak dalam hal perjalanan informasi tersebut.
3. Nonrepudiation: merupakan hal yang bersangkutan dengan si pengirim, sipengirim tidak bias mengelak bahwa dial ah yang mengirim informasi tersebut.
4. Authority: informasi yang berada pada system jaringan tidak dapat di modifaikasi oleh pihak yang tidak berhak atas akses tersebut.
5. Confidentiality: merupakan usaha untuk menjaga informasi dari orang yang idak berhak mengakses. Confidentiality biasanya berhubungan dengan informasi yang diberikan ke pihak lain.
6. Privacy: merupakan lebih kearah data-data yang sifatnya pribadi.
7. Availability: berhubungan dengan ketersediaan informasi ketika dibutuhkan. System informasi yang diserang atau dijebol dapat menghambat atau meniadakan akses ke informasi
8. Access Control: Aspek ini berhubungan dengan cara pengaturan akses kepada informasi. Hal ini biasanya berhubungan dengan masalah authentication dan juga privacy. Access control seringkali dilakukan dengan menggunakan kombinasi user id dan password atau dengan mekanisme lainnya.

4 thoughts on “Aspek-aspek Keamanan Komputer

    deni said:
    November 10, 2010 at 20:38

    kegunaa dalam aspek tersebut.?????

    Resa said:
    March 27, 2010 at 12:49

    nice info..
    kiss back jeng

    Fadli said:
    January 12, 2009 at 10:26

    komputer saya sering kemasukan spyware, kira2 tool yang ampuh apa yah?

      arasty responded:
      January 22, 2009 at 20:50

      buat saudara Fadli
      Terimakasih udah ngujungin blog saya.
      Klo menurut saya dan bererapa rekomendasi. Spyware tools yang ampuh adalah Ad-Aware SE personal 1.06 dan Spybot search & destroy 1.4. mungkin bisa anda coba…

Terima Kasih Sudah berkunjung ke Blog saya. Dan Jangan Lupa Isi Komentar di Bawah ini.